Madu untuk Kecantikan - Enhaka Beauty Care

Madu untuk Kecantikan - Enhaka Beauty Care

Madu untuk Kecantikan

Madu untuk Kecantikan

6 bulan yang lalu /

Manfaat madu untuk kesehatan kulit sudah lama digunakan di bidang kecantikan. Saat sekarang ini bidang kecantikan semakin melebarkan sayapnya karena banyaknya wanita yang sadar akan kecantikan yang harus dijaga. Wanita mana yang tidak ingin selalu terlihat cantik meskipun usia sudah bertambah. Karena disadari atau tidak musuh utama dari kecantikan adalah penuaan pada kulit yang akan mulai keriput seiring dengan pertambahan usia. Namun ternyata menjaga kecantikan tidak harus selalu mengeluarkan biaya yang mahal. Ternyata untuk tampil cantik hanya memerlukan bahan alami yang tepat. Bahan alami yang sudah lama di percaya kaya akan nutrisi dan vitamin. Salah satunya adalah madu yang berasal dari lebah.

1.Madu alami

Cara merawat wajah dengan madu yang pertama adalah dengan menggunakan madu asli. Madu asli tentunya madu yang belum dicampurkan dengan tambahan pemanis lainnya. Madu asli ini sangat bermanfaat untuk bidang kecantikan terutama untuk menjaga kelembapan wajah. Wajah kita tetap memerlukan pelembap terutama setelah membersihkan wajah. Biasanya setelah kita membersihkan wajah, wajah akan terasa kesat akibat hilangnya lapisna air dan minyak di epidermis. Nah, untuk mengatasi hal inilah penting menggunakan madu untuk wajah. Adapun cara untuk menggunakan masker dari madu ini antara lain sebagai berikut :

  • Oleskan madu alami pada wajah secara merata.
  • Setelah itu baru biarkan masker madu mengering sendiri selama 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit baru bilas wajah hingga bersih.

Penggunaan masker madu ini bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk tetap menjaga kelembapan wajah secara alami.

  1. Madu dan putih telur

Campuran kedua bahan alami ini yaitu madu dan putih telur berperan penting untuk kecantikan. Manfaat putih telur untuk wajahsudah dipercaya berguna untuk menjaga kekencangan kulit. Putih telur memiliki kandungan protein sedangkan madu kaya akan vitamin c. Selain itu penggunaan putih telur secara rutin dapat membuat kulit wajah terlihat lebih muda. Adapun cara membuat masker putih telur dan madu ini sebagai masker untuk perawatan wajah antara lain :

  • Pecahkan satu butir telur dan gunakan bagian putih telurnya saja.
  • Selanjutnya kocok sekitar 15 menit putih telur tersebut.
  • Lalu tuangkan sekitar satu sendok makan madu aski dan aduk kedua bahan tersebut hingga merata.
  • Jika sudah baru oleskan pada wajah Anda secra merata. Dan tunggu selama lebih kurang 30 menit.
  • Kemudian jika masker tersebut sudah kering baru bilas ke wajah hingga bersih.

Itulah beberapa uraian tentang cara membuat masker putih telur dan madu. Masker ini dapat Anda gunakan sebanyak dua kali dalam seminggu dan lebih.

  1. Madu dan lemon

Cara menggunakan madu untuk kecantikan yang ketiga adalah dengan mencampurkannya bersama lemon. Manfaat lemon untuk kulit berguna untuk mencerahkan wajah secara alami. Lemon dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah dan merangsang kulit baru. Kandungan vitamin c yang tinggi didalam lemon ini sangat berperan sekali untuk membantu merawat wajah Anda. Cara membuat masker lemon untuk wajah antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Sediakan satu buah lemon dan sati sendok makan madu.
  • Lalu belah dua buah lemon dan peras untuk mendapatkan airnya.
  • Selanjutnya baru campurkan air perasan lemon tersebut dengan madu dan aduk merata.
  • Baru oleskan pada wajah masker tersebut.
  • Diamkan masker selama 30 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

Penggunaan masker dari campuran lemon dan jeruk nipis ini dapat digunakan pada setiap malam harinya. 

  1. Madu dan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan akan semakin sempurna jika dicampurkan dengan madu alami. Cara menggunakan madu untuk kecantikan berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya serta madu. Masker ini berperan untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Ini karena salah satu kandungan lidah buaya yaitu anti bakteri yang berperan untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Jika Anda ingin membuat masker dari lidah buaya dan madu berikut ini uraian cara membuat masker lidah buaya antara lain :

  • Ambil terlebih dahulu gel dalam lidah buaya yang terlindung dalam kulitnya.
  • Lalu lanjutkan dengan mencampurkan lidah buaya serta madu.
  • Aduk hingga madu dan gel lidah buaya merata baru setelah itu oleskan ke wajah. Jika sudah mengering baru bersihkan wajah.

Masker ini dapat digunakan selama jerawat pada wajah masih ada, dan jika sudah mulai sembuh jerawatnya bisa digunakan sebanyak satu kali seminggu sebagai pencegahan.

  1. Madu dan kayu manis

Manfaat bubuk kayu manis untuk wajah berperan sebagai penghilang kerutan secara alami. Kerutan pada wajah akan munucl seiring dengan pertambahan usia seseorang. Namun ada cara alami yang dapat mencegah agar kerutan dapat muncul sedikit lebih lambat yaitu dengan menggunakan masker dari campuran madu dan kayu manis. Cara membuat masker dari kedua bahan ini antara lain :

  • Ambil satu sendok madu dan tuangkan kedalam piring kecil.
  • Setelah itu ambil juga satu sendok bubuk kayu manis dan aduk hingga merata bahan tersebut.
  • Jika sudah baru oleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan masker pada wajah sampai masker mengering.
  • Jika sudah kering baru bersihkan wajah hingga bersih.

Penggunaan masker madu dan kayu manis ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

  1. Madu dan beras

Cara menggunakan madu untuk kecantikan yang keenam adalah dengan menggunakan madu dan beras. Manfaat beras untuk wajahberguna untuk memutihkan wajah secara merata. Didalam beras terdapat banyak vitamin yang dapat menutrisi kulit dari dalam. Itu kenapa masker beras ini sangat baik sekali untuk digunakan sebagai masker alami. Adapun cara untuk membuat masker dari madu dan beras pertama adalah :

  • Rendam beras sekitar dua sendok kedalam air dan biarkan selama semalam. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses penghalusan beras yang akan dijadikan masker.
  • Jika sudah pagi hari baru kemudian saring beras dan haluskan.
  • Setelah beras halus baru tambahkan sekitar satu sendok makan madu dan aduk kedua bahan ini hingga merata.
  • Selanjutnya jadikan sebagai masker untuk perawatan wajah Anda.
  • Biarkan masker dari madu dan beras ini hingga mengering pada wajah. Jika sudah kering baru kemudian dibersihkan.

Penggunaan masker dari madu dan beras ini dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu secara rutin. 

 

  1. Madu dan susu

Masker selanjutnya adalah masker yang terbuat dari campuran madu dan susu. Campuran kedua bahan ini sangat baik sekali untuk menyuburkan rambut Anda. Kandungan madu yang kaya kanan vitamin c juga berperan untuk menjaga kelembapan rambut Anda sehingga cocok untuk rambut kering. Ditambah juga dengan kandungan vitamin a, c dan protein dalam susu. Namun yang perlu diingat susu yang digunakan adalah susu murni bukan susu yang sudah diolah. Jadi penggunaan campuran masker imadu dan susu ini dapat langsung dioleskan pada rambut. Adapun cara membuat masker susu dan madu untuk rambut antara lain sebagai berikut :

  • Tuangkan susu dan madu secukupnya kedalam suatu wadah dalam takaran yang rata.
  • Aduk hingga merata kedua bahan alami ini.
  • Setelah itu baru lanjutkan dengan mengoleskannya pada rambut dan tunggu sekitar 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit baru bilas hingga bersih rambut Anda.

Ada baiknya penggunaan masker madu dan susu ini dipakai sore hari, jadi Anda bisa langsung keramas dan mandi setelah menggunakan masker ini.

 

  1. Madu dan jeruk nipis

Cara menggunakan madu untuk kecantikan yang kedelapan adalah masker dari madu dan jeruk nipis. Jika Anda punya masalah dengan ketombe yang tidak kunjung hilang cobalah dengan menggunakan bahan alami ini. Masker yang terbuat dari madu dan jeruk nipis ini dapat membantu Anda mencegah dan mengatasi ketombe dari rambut. Adapun berikut ini langkah-langkah untuk membuat masker dari madu dan jeruk nipi untuk rambut antara lain :

  • Sediakan satu buah jeruk nipis dan belah menjadi dua bagian.
  • Lalu peras jeruk nipis yang sudah dibelah untuk mengeluarkan airnya.
  • Jika sudah baru campurkan air perasan jeruk nipis tadi dengan madu secukupnya.
  • Dan oleskan kedua bahan tadi pada rambut secara merata. Diamkan masker tersebut lebih kurang 30 menit pada rambut.
  • Setelah itu jika sudah mengering baru bilas rambut Anda hingga bersih.

Tenang saja penggunaan masker dari madu dan jeruk nipis ini bisa tetap digunakan jika ketombe Anda sudah sembuh. Karena masker ini juga bermanfaat untuk mencegah ketombe sekaligus.

  1. Madu dan garam

Manfaat garam untuk kulit berguna sekali untuk mengatasi kelebihan minyak pada wajah. Jadi masker yang terbuat dari madu dan garam ini berperan untuk mengangkat kelebihan minyak pada wajah Anda. Dan sangat direkomendasikan sekali untuk orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Adapun cara membuat masker ini cukup mudah tinggal larutkan garam pada madu. Gunakan garam halus karena sifat madu yang tidak dapat melarutkan garam dalam butiran besar. Lanjutkan dengan mengoleskannya pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah baru bersihkan wajah Anda hingga bersih.

  1. Madu dan minyak zaitun

Terakhir cara menggunakan madu untuk kecantikan adalah dengan mencampurkan madu dan minyak zaitun. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang sudah diproses, minyak zatun dan madu ini berperan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Adapun cara menghilangkan flek hitam dengan minyak zaitun dan madu hanya perlu mencampurkan kedua bahan alami ini dengan takaran yang sama. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan hingga masker ini mengering.

Itulah beberapa uraian tentang cara membuat masker dari madu untuk bidang kecantikan. Semoga bermanfaat.

Tags:
Share it: