Jenis Kulit Wajah Kombinasi - Enhaka Beauty Care

Jenis Kulit Wajah Kombinasi - Enhaka Beauty Care

Jenis Kulit Wajah Kombinasi

Jenis Kulit Wajah Kombinasi

1 tahun yang lalu / skin care

Jenis kulit wajah kombinasi adalah jenis kulit wajah yang paling umum dijumpai, namun sulit untuk dirawat. Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara jenis kulit berminyak dan jenis kulit kering. Cara untuk mengetahui Anda memiliki jenis kulit wajah kombinasi adalah setelah wajah dibersihkan dengan cleanser, 10-15 menit kemudian kulit di area T-Zone (dahi, hidung, dan dagu) akan terasa berminyak dan pori-pori terlihat besar, namun pada kulit yang berada di area pipi dan bawah mata terasa kering dan kusam.Pemilik jenis kulit wajah kombinasi akan rentan untuk mendapatkan garis kerut, komedo, dan jerawat pada saat yang bersamaan. Dengan karakteristik seperti ini, perawatan wajah yang diberikan tentu tidak akan semudah pemilik jenis wajah berminyak maupun kering.

Seperti jenis kulit wajah lainnya, jenis kulit wajah kombinasi didapatkan karena ada faktor genetik. Pada area T-Zone, sel kulit lebih aktif memproduksi minyak, sedangkan sel kulit pada pipi tidak begitu aktif dalam memproduksi minyak. Sehingga pada area T-Zone lebih sering mendapatkan komedo dan jerawat, sedangkan pada area pipi lebih terlihat kering, kusam, dan meradang. Pada beberapa orang jika terlalu sering menggunakan produk yang kandungannya dapat membuat kulit jadi kering seperti alkohol, area T-Zone pada wajah menjadi lebih aktif untuk memproduksi minyak, menyebabkan jenis kulit wajah menjadi kombinasi.

         Ada beberapa hal yang dapat Anda ketahui untuk merawat wajah jika Anda memiliki jenis kulit wajah kombinasi:

Cleanser  dan toner

Hindari cleanser dan toner dengan kandungan yang dapat merusak kulit kombinasi Anda seperti sulfate, alkohol, dan pewangi karena dapat memicu produksi minyak yang lebih banyak pada area T-Zone. Cari cleanser dan toner dengan bahan alami dan memiliki manfaat untuk merawat kulit kering dan berminyak.

Moisturizer

Mayoritas produk moisturizer hanya dapat merawat satu jenis kulit wajah, namun tidak untuk jenis kulit wajah kombinasi. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan memakai dua jenis moisturizer. Gunakan moisturizer untuk kulit berminyak dan pakai di area T-Zone lalu moisturizer untuk kulit kering dan pakai di area pipi dan bawah mata.

 

Serum

Kulit Anda butuh serum untuk menutrisi kulit wajah lebih maksimal. Gunakan serum dengan bahan alami dan tidak menyumbat pori-pori. Anti-aging serum bisa menjadi pilihan untuk mengurangi garis kerut pada wajah.

Sunscreen

Gunakan sunscreen yang mengandung SPF untuk melindungi kulit wajah dari radiasi sinar UV A dan UV B yang dapat menimbulkan kerusakan pada kulit.

Exfoliator

Semua jenis kulit wajah butuh eksfoliasi. Kunci dari eksfoliasi untuk jenis kulit wajah kombinasi adalah dengan cara menggunakan exfoliator lebih sedikit dan lebih lembut pada pipi dan lebih banyak pada area T-Zone.