JENIS JERAWAT - Enhaka Beauty Care

JENIS JERAWAT - Enhaka Beauty Care

JENIS JERAWAT

JENIS JERAWAT

1 tahun yang lalu / skin care

Tau gak sih ternyata jerawat banyak jenis nya. Jerawat jenis apa yang sedang dihadapi kamu saat ini? dan bagai mana cara menanganinya?

Sahabat enhaka ternyata jenis-jenis jerawat itu banyak lho, dan cara menghilangkan jenis-jenis jerawat tadi pun nggak cukup dengan cuci muka. Salah-salah jerawatmu bukannya hilang malah jadi tambah banyak deh. Untuk itu, kamu perlu mengetahui jenis-jenis jerawat dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi jenis-jenis jerawat tersebut!

Whitehead
Jenis jerawat ini merupakan jenis yang paling umum ditemui. Jerawat ini dapat dikenali dengan sisi luarnya yang agak kemerahan (tapi tidak sakit dan meradang), ujungnya yang berwarna putih, tertutup & tidak bernanah. Kamu dapat menggunakan krim/gel/salep khusus jerawat untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Untuk mencegahnya, pastikan juga kamu rajin mengexfoliasi wajahmu minimal seminggu dua kali, serta hindari produk make up yang dapat menyumbat pori-porimu bisa juga dengan treatment facial wajah.

Blackhead
Jenis ini hampir sama dengan whitehead. Bedanya, pada blackhead kotoran dan minyak berlebih menyumbat bagian dalam pori, sehingga bagian atasnya pun terbuka dan ketika teroksidasi dengan udara, warnanya pun berubah menjadi hitam. Cara mengatasinya memang sedikit lebih rumit, karena sumbatan terdapat di bagian dalam pori, kamu dapat memijat lembut wajahmu dengan menggunakan minyak jojoba yang sifatnya sama dengan sebum, sehingga kotoran yang tersumbat di dalam pori akan mudah keluar kalau tidak mau repot kamu bisa datang ke tempat facial untuk membuat wajah mu menjadi bersih dari blackhead.

Papule
Jerawat ini merupakan jenis whitehead yang meradang karena terinfeksi oleh bakteri. Bentuknya seperti whitehead, tetapi dengan bagian luar yang meradang, tidak memiliki ujung, dan tidak berisi nanah, sakit bila disentuh, terasa gatal bahkan panas. Untuk mengatasinya kamu dapat meredakan peradangan dengan bahan-bahan anti bakteri sepertitea tree oil, salicylic acid, benzoyl peroxide, dan retin-A (penggunaan bahan ini harus di awasi oleh dokter ya sahabat enhaka karena biar sesuai dosis yang tepat apalagi untuk kamu yang memiliki kondisi sensitive).

Pustule
Hampir sama seperti papule. Bedanya, pustule berisi nanah. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan seperti clay dan belerang yang dapat membuat nanah pada jerawat tersebut kering.

Nodule/cystic/conglobate acne
Jika kamu memiliki jerawat dengan ukuran besar, berisi nanah, terus-menerus memerah, sakit bila disentuh & meradang, yang tak kunjung hilang hingga berbulan-bulan, kemungkinanya kamu memiliki tipe jerawat yang terbilang parah ini. Jerawat jenis ini harus ditangani oleh dokter ahli. Karena bila sembarangan, dapat menyebabkan jaringan parut, dan infeksi.

Nah sahabat enhaka, itu dia jenis-jenis jerawat yang harus kamu ketahui. Untuk mengetahui penanganan lebih lanjut mengenai jenis-jenis jerawat tersebut, silahkan konsultasikan dengan dokter kami ya!

Share it: