CEGAH JERAWAT DENGAN MAKANAN SEHAT - Enhaka Beauty Care

CEGAH JERAWAT DENGAN MAKANAN SEHAT - Enhaka Beauty Care

CEGAH JERAWAT DENGAN MAKANAN SEHAT

CEGAH JERAWAT DENGAN MAKANAN SEHAT

1 tahun yang lalu / skin care

CEGAH JERAWAT DENGAN MAKANAN SEHAT

Sederhananya, jerawat muncul akibat gangguan regenerasi sel-sel kulit, atau keratinisasi. Regenerasi sel kulit yang tidak sempurna, menyebabkan sel kulit ‘mempertahankan diri’ dengan mengunci kelejar minyak dan pori-pori, juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein dibawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat.


Para pakar menyebutkan, ada begitu banyak cara untuk meningkatkan pembaharuan sel-sel kulit, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan memang hanya mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25%, sisanya adalah hormon, stress, pola tidur, lingkungan dan bagaimana cara seseorang merawat diri.
Makanan sehat yang dimaksud adalah makanan yang rendah lemak, yang tidak diproses lebih dulu (mentah), kaya akan buah-buahan, sayuran dan menghindari makanan atau minuman berbahan dasar susu, daging-dagingan, coklat, kentang goreng dan junk food lainnya.
Intinya, makanan yang sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk mencegah timbulnya jerawat pada tubuh Anda

•Air putih
Selain mencegah dehidrasi, air dapat membantu mengeleluarkan racun dari tubuh yang menyebabkan masalah kulit, membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Disarankan untuk mengkonsumsi 5-8 gelas perhari.

•Susu
Susu mengandung suatu zat yang dapat meningkatkan kadar hormon (androgen) dan hormon tersebut dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami pada kulit).

•Vitamin A
Untuk membantu regenerasi sel kulit. Misalnya pada minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Hati-hati dalam mengkonsumsi suplemen tambahan, karena konsumsi vitamin A berlebih justru akan mengakibatkan vitamin A bertindak sebagai racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.

•Zinc
Ada beberapa fakta yang membuktikan, seseorang yang berjerawat memiliki kadar mineral zinc lebih rendah. Zinc membantu mencegah jerawat dengan mencegah pertumbuhan P. acnes. Zinc banyak terkandung didalam kalkun, kacang almon dan gandum.

•Vitamin C dan E
Konsumsilah sumber vitamin C alami, seperti jeruk, lemon, pepaya dan tomat. Atau vitamin E pada kentang, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli dan sayuran hijau.

•Selenium
Selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, misalnya, gandum, ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, telur dan beras merah.

•Teh Hijau.
Antioksidan adalah sumber terbaik untuk mencegah faktor-faktor penuaan, sedangkan teh hijau merupajan sumber antioksidan. Antioksidan akan melawan bakteri penyebab jerawat dan juga faktor-faktor lain yang menyebabkan keriput dan tanda penuaan lainnya. Mengonsumsi teh hijau 4-5 gelas per hari sangat baik untuk kesehatan tubuh dan penampilan kulit.

•Yoghurt.
Yoghurt memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri, sehingga sangat berguna untuk membersihkan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Tags:
Share it: