Cara menghilangkan dan mencegah komedo - Enhaka Beauty Care

Cara menghilangkan dan mencegah komedo - Enhaka Beauty Care

Cara menghilangkan dan mencegah komedo

Cara menghilangkan dan mencegah komedo

1 bulan yang lalu /

Komedo merupakan masalah kulit yang berhubungan dengan produksi kelenjar minyak yang berlebih sehingga dapat menyebabkan pori – pori tersumbat. Jika pori – pori tersumbat maka timbullah komedo pada wajah. Komedo terbagi menjadi dua bagian berdasarkan jenisnya yaitu :

  • Komedo hitam yang terdapat di lapisan luar kulit sehingga mudah terkena kotoran atau debu yang bertebaran di udara. Debu ini tidak hanya ada di luar ruangan namun juga bisa saja ada di dalam ruangan.
  • Komedo putih merupakan gabungan dari kelenjar minyak dan bakteri yang berkumpul pada bagian di sekitar kulit sehingga menimbulkan komedo. (Baca Juga: Penyebab Komedo Hitam Di Wajah, Obat Komedo Hitam)

Dari jenis komedo yang muncul di kulit wajah, untuk cara penyembuhannya aga tidak kembali lagi berkaitan dengan kebiasaan sehari – hari. Berikut ini kebiasaan yang harus diperhatikan agar komedo tidak muncul kembali :

1.Scrubbing

Melakukan scrubbing di rumah juga penting terutama saat anda benar – benar dalam waktu yang santai dan waktu hanya milik anda sendiri. Jenis scrubbing bisa di beli di minimarket terdekat. Untuk pemakaiannya scrubbing baiknya di lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Ini karena jika terlalu sering melakukan scrubbing di rumah dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam.

2.Rajin mengganti sarung bantal

Sarung bantal yang digunakan setiap hari untuk tidur juga wajib diganti. Biasanya pergantian sarung bantal dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu. Ini bertujuan untuk menjauhkan kulit wajah dari kotoran dan debu yang mungkin saja sudah banyak terdapat pada sarung bantal.

3.Gunakan handuk yang bersih

Pemakaian handuk juga penting untuk diganti atau dicuci terlebih dahulu. Handuk yang diganti tidak hanya handuk untuk pemakaian badan namun juga handuk untuk mengeringkan wajah selesai mencuci wajah. Ini berlaku jika anda membedakan pemakaian handuk untuk badan dan wajah.

4. Pilih produk kecantikan yang cocok

Produk untuk wajah juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit anda. Ini bertujuan agar tidak membuat komedo muncul lebih banyak. Produk kecantikan yang cocok untuk kulit akan mencegah timbulnya komedo kembali pada wajah. Jika tipe jenis kulit anda kering gunakan produk kecantikan yang dapat melembapkan. Dan jika tipe jenis kulit anda berminyak pilih produk kecantikan yang bebas minyak.

5. Rutin minum air putih

Air putih memiliki segudang manfaat pada kesehatan dan juga kecantikan kulit. Karena air putih bekerja dari dalam untuk melembapkan kulit. Jika asupan air ke dalam tubuh terpenuhi makan air putih dapat membantu regenerasi sel sel kulit mati dan memunculkan sel sel baru pada kulit.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara menghilangkan komedo agar tidak kembali lagi. Dengan menerapkan kebiasaan sehari – hari yang sehat maka untuk mendapatkan kulit yang bersih dan indah bukan lagi sebatas khayalan saja. Adapun untuk mengatasi komedo yang sudah terlebih dahulu ada di beberapa bagian wajah anda seperti di dagu, hidung dan pipi dapat menggunakan bahan – bahan alami yang lebih aman. Bahan alami juga bebas dari efek samping yang akan menyebabkan ketergantungan. Berikut ini ulasan dari bahan – bahan alami yang dapat mengatasi komedo pada kulit wajah :

6. Mencuci Kulit Secara Teratur

Cara paling simpel dan juga mudah untuk mencegah timbulnya komedo adalah dengan mencuci kulit, terutama wajah, setidaknya 2 kali dalam sehari secara rutin. Walaupun kelihatannya sepele, namun banyak orang yang masih malas mencuci kulit secara rutin, sehingga resiko munculnya komedo hitam dan komedo putih semakin besar.

Mengapa Mencuci Kulit Secara Teratur Dapat Mencegah Komedo?

Perlu diketahui bahwa dalam aktivitas kita sehari-hari, tentu kulit kita akan sangat rentan akan tertempel oleh berbagai macam debu, kotoran, maupun bakteri yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, malas mencuci kulit wajah juga akan menyebabkan menumpuknya sebum di kulit, sehingga berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Nah, mencuci wajah secara teratur dan rutin 2 kali sehari tentu merupakan cara merawat wajah agar tidak berjerawat dan berkomedo. Mencuci wajah dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat sangat bermanfaat untuk menyingkirkan debu, kotoran, bakteri, dan minyak berlebih di kulit.

7. Jangan Mencuci Kulit Terlalu Sering

Mungkin Anda bingung, bukankah pada poin pertama kita disuruh untuk mencuci kulit secara teratur untuk mencegah komedo? Lalu kenapa pada poin ini kita dianjurkan untuk tidak mencuci kulit terlalu sering? Patut diketahui, mencuci kulit memang sangat bermanfaat sebagai cara mencegah jerawat secara alami dan mencegah komedo, namun kita harus sepakat bahwa apapun yang dilakukan secara berlebihan tidak akan menghasilkan dampak yang bagus, termasuk kegiatan mencuci kulit.

Mengapa Tidak Dianjurkan Mencuci Kulit Terlalu Sering Untuk Mencegah Komedo?

Mencuci kulit secara rutin memang akan menyingkirkan debu menyebabkan jerawat, kotoran, bakteri, dan minyak berlebih yang menempel pada kulit dan berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Tapi, mencuci kulit terlalu sering justru akan membuat kulit Anda mengalami iritas, yang membuat minyak yang ada di dalam kelenjar sebasea menjadi terangkat ke permukaan kulit. Hasilnya, justru komedo akan menghiasi kulit Anda. Nah oleh karena itu, memang dianjurkan untuk mencuci kulit waja setidaknya 2 kali saja dalam sehari dan itu sudah cukup.

8. Menggunakan Pelembab Secara Rutin

Setelah Anda mandi atau membersihkan kulit Anda dengan air, maka jangan lupa untuk mengoleskan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan Anda untuk mencegah timbulnya komedo. Namun, memilih pelembab juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena salah memilih pelembab justru akan menjadi bumerang yang dapat menimbulkan komedo.

Mengapa Menggunakan Pelembab Secara Rutin Dapat Mencegah Jerawat?

Menggunakan pelembab merupakan langkah yang harus dilakukan agar kulit Anda tidak menjadi terlalu kering. Seperti yang telah diketahui, kulit yang terlalu kering akan membuat kulit menjadi rentan terkena iritasi. Namun, penggunaan pelembab tentu saja harus disesuaikan dengan tipe kulit Anda. Jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, maka memang Anda membutuhkan pelembab yang mengandung minyak. Namun jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, maka hindari produk pelembab yang mengandung minyak. Sebaliknya, pilihlah produk pelembab yang mengandung air dan juga memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

9. Menggunakan Kertas Minyak

Bagi Anda yang memiliki aktvitas yang padat sehari-harinya atau Anda yang memiliki pekerjaan di outdoor dalam waktu yang lama, maka rasanya cukup mustahil untuk membersihkan kulit wajah secara teratur. Padahal, hal tersebut justru akan meningkatkan resiko Anda terkena komedo. Oleh karena itulah, menggunakan kertas minyak bisa menjadi solusi cara mencegah komedo dan juga cara mencegah jerawat tumbuh lagi .

Mengapa Menggunakan Kertas Minyak Dapat Mencegah Komedo?

Ketika Anda memiliki aktivitas yang padat dan terus menerus bekerja di bawah terpaan sinar matahari, maka rasanya sulit untuk membersihkan kulit secara teratur. Padahal, hal tersebut akan membuat produksi minyak di kulit akan meningkat secara drastis. Belum lagi adanya debu dan polusi yang pastinya akan menempel di kulit wajah kita. Nah, selalu siap sedia kertas minyak tentu merupakan solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan kertas minyak, maka kita dapat menghilangkan minyak berlebih di kulit secara praktis dan cepat, tanpa harus repot-repot pergi ke kamar mandi hanya untuk mencuci kulit wajah kita dengan air. Anda dapat membeli kertas minyak di berbagai tempat, mulai dari apotek hingga supermarket.

10. Bersihkan Kosmetik Sebelum Anda Tidur

Memakai kosmetik seakan sudah menjadi kebutuhan wajib di kalangan para wanita. Menggunakan kosmetik sebenarnya tidak masalah, asalkan Anda menggunakan komestik yang sesuai dengan tipe kulit Anda dan Anda benar-benar membersihkannya sebelum Anda tidur di malam hari.

Mengapa Membersihkan Kosmetik Sebelum Tidur Dapat Mencegah Komedo?

Seperti yang telah diketahui, komedo umumnya muncul karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh berbagai macam kontaminan, salah satunya kosmetik. Kosmetik dikenal dapat menutup pori-pori jika dibiarkan terlalu lama menempel di kulit. Pastikan bahwa Anda membersihkan kulit Anda dari kosmetik dengan cleanser dan juga make-up remover sebelum tidur agar kosmetik tidak menutup pori.

Selain itu, jika memang Anda memiliki kulit yang berjerawat dan berminyak, maka Anda lebih baik menggunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang biasanya mengandung air. Contoh kosmetik yang cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak adalah bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Jika komedo sudah terlanjur timbul akibat pemakaian kosmetik, maka lakukan cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik.

Tags: tips
Share it: