Apa yang Menyebabkan Kulit Menjadi Sensitif? - Enhaka Beauty Care

Apa yang Menyebabkan Kulit Menjadi Sensitif? - Enhaka Beauty Care

Apa yang Menyebabkan Kulit Menjadi Sensitif?

Apa yang Menyebabkan Kulit Menjadi Sensitif?

2 bulan yang lalu /

Tiap orang memiliki pemicu reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda, di antaranya bisa disebabkan oleh paparan polusi dan perubahan suhu. Sebagian lagi bisa terpicu oleh kebiasaan menjalani diet yang mengakibatkan penurunan berat badan secara cepat dan/atau efek suatu pengobatan tertentu. Pada dasarnya kondisi-kondisi tersebut dapat melemahkan daya tahan lapisan kulit terluar. Alhasil, kulit mengalami iritasi, terasa panas, dan mengelupas. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari suhu yang ekstrem dan lakukan pengelupasan kulit satu kali seminggu. Dianjurkan juga bagi pemilik kulit sensitif untuk memilih produk kulit tanpa wewangian, tanpa bahan aktif yang kuat seperti retinoid atau asam glikolat seta dengan bahan pengawet minimal.

Penyebab lain sehingga kulit menjadi sensitif adalah terlalu sering berganti produk dan perawatan kulit yang berlebihan. Banyak produk perawatan kulit yang tersedia dan mendorong pengguna untuk berulang kali mengganti produk demi menghasilkan perubahan yang lebih baik. Namun, mengganti produk terus-menerus dan terlalu sering melakukan pengelupasan kulit mati dengan bahan aktif dapat merusak pertahanan kulit, bukan malah membangun perlindungan untuk  kulit.

 

Penanganan Kulit Sensitif yang Bisa Dilakukan

Kulit sensitif mudah mengalami peradangan. Kita harus menanganinya dengan baik dan tepat. Peradangan kronis bisa mengakibatkan penurunan kolagen sehingga dampak efek penuaan menjadi makin cepat.

Untuk menangani kulit sensitif, beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Pilih produk khusus untuk kulit sensitif. Ingat, makin banyak jenis bahan kimia yang terkandung di dalam suatu produk, makin tinggi pula kemungkinan adanya reaksi dari kulit. Umumnya, produk perawatan kulit organik mengandung lebih sedikit bahan kimia, namun kandungan ekstrak tumbuhan tetap dapat menimbulkan alergi pada kulit.

Jika terdapat ruam, hindari ruam tersebut dari paparan sinar matahari dan lindungi ruam dengan memakai pakaian tertutup (bila terdapat di tubuh) atau topi (bila terdapat di wajah). Tiap ada ruam, kulit juga rentan terkena infeksi, seperti staph atau MRSA yang berbahaya dan berdampak serius. Jadi, saat Anda curiga mengalami infeksi, hubungi dokter segera untuk mendapatkan perawatan dibutuhkan.

Bangun ketahanan perlindungan kulit dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3, seperti minyak biji rami dan minyak ikan.

Jangan terlalu membebani kulit Anda. Luangkan waktu beberapa hari tanpa riasan pada wajah.

Kulit sensitif dapat berubah dengan cepat, mulai dari gangguan yang dianggap ringan hingga akhirnya menjadi bersifat kronis. Jika mengalami iritasi yang makin parah, segera temui dokter kecantikan.

Tags:
Share it: