Apa manfaat antioksidan untuk kulit? - Enhaka Beauty Care

Apa manfaat antioksidan untuk kulit? - Enhaka Beauty Care

Apa manfaat antioksidan untuk kulit?

Apa manfaat antioksidan untuk kulit?

3 minggu yang lalu /

Selain kamu harus mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber antioksidan terbaik bagi kesehatan kulitmu, kamu juga perlu tahu apa saja manfaat antioksidan tersebut bagi kulitmu. Antioksidan adalah zat kuat yang membantu melawan zat dalam tubuh penyebab peradangan yang dikenal sebagai ‘radikal bebas’. Radikal bebas akan terpancar saat tubuhmu menghancurkan makanan atau terbawa masuk ke dalam saat tubuhmu terkena penyebab iritasi yang berbahaya seperti asap rokok, polusi atau radiasi. Hal ini bisa menyebabkan kulitmu menjadi tampak menua, kusam, dan keriput. Antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, atau Beta karoten bisa diterapkan pada kulit dalam rangka untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

Berikut ini adalah beberapa manfaat antioksidan bagi kulitmu :

  • Meningkatkan produksi kolagen

Saat radikal bebas merusak tubuh, mereka sebenarnya juga telah menghancurkan protein kolagen dalam tubuh. Kolagen bertanggung jawab untuk membantu kulit mempertahankan daya elastisitas dan kekuatannya, serta membantu kulit terlihat lebih kenyal dan muda. Dengan menerapkan krim antioksidan yang bisa menyusup hingga ke dalam lapisan kulit terdalam, antioksidan bisa menetralisir radikal bebas dan membiarkan produksi kolagen terus berlanjut.

  • Meminimalkan garis halus dan kerutan

Kerutan dan garis halus di wajah adalah bagian alami dari proses penuaan. Mereka akan terjadi seiring produksi kolagen dan elastic kulit yang mulai melambat dan gravitasi mulai membaawa efek yang lebih jauh pada kulit wajah, sehingga membuatnya menjadi kendur. Radikal bebas seperti paparan berlebihan dari sinar matahari bisa mempercepat efek alami penuaan. Oleh karena itu, antioksidan yang terdapat dalam produk perawatan kulit bisa membantu melawan efek radikal bebas, dan memperlambat munculnya garis halus dan kerutan. Namun, antioksidan tidak bisa membalikkan kerusakan yang bukan akibat dari radikal bebas pada kulit.

  • Mengurangi bintik-bintik penuaan (age spot)

Bintik-bintik penuaan atau yang dikenal dengan istilah lentigo solar di komunitas medis, merupakan bintik-bintik yang berwarna hitam, coklat, atau abu-abu yang tidak berbahaya, yang muncul pada kulit. Bintik ini akan muncul saat paparan sinar matahari mempercepat produksi Melanin (pigmen kulit) dalam tubuh. Seiring waktu, melanin ini akan menjadi lebih berkelompok bersama-sama sehingga mengakibatkan munculnya bintik-bintik. Antioksidan dalam produk perawatan kulit, terutama vitamin C, telah terbukti mampu menawarkan manfaat dalam masalah mengurangi pigmentasi melanin pada bintik-bintik penuaan. Hal ini bisa meringankan semua atau sebagian tampilan bintik-bintik penuaan, sehingga bisa memperbaiki penampilan kulit.

  • Mengurangi jerawat

Vitamin A adalah antioksidan yang kuat. Saat diterapkan pada kulit, maka akan dikenal sebagai Retinoid. Saat diterapkan pada kulit, vitamin A akan meresap ke dalam pori-pori untuk menghilangkan busi keratin, salah satu penyebab utamajerawat dan komedo. Karena orang-orang yang memiliki kulit cenderung berjerawat juga menghasilkan jumlah produksi minyak nyang berlebih, vitamin A juga membantu mengurangi tingkat keseluruhan minyak di pori-pori, karena pori-pori akan lebih terbuka guna mengedarkan minyak. Jadi, saat dikombinasikan dengan perwatan pembersihan kulit yang berkualitas, penerapan antioksidan vitamin A yang dioles bisa mengurangi jerawat.

 

Tags:
Share it: