10 Penyebab Kerusakan Rambut - Enhaka Beauty Care

10 Penyebab Kerusakan Rambut - Enhaka Beauty Care

10 Penyebab Kerusakan Rambut

10 Penyebab Kerusakan Rambut

2 bulan yang lalu /

Siapa yang tidak menginginkan rambut panjang, tebal, bersinar, lembut dan tidak bercabang? Anda tentu saja dapat mendapatkan rambut idaman asalkan mereka melakukan perawatan rambut dengan cara yang benar.

Jika rambut saat ini terasa kasar, rusak atau rontok, berarti ada beberapa hal yang tidak Anda lakukan atau Anda selama ini justru melakukan hal yang salah. Karena itu, hindari melakukan hal-hal ini yang dapat merusak rambut anda.

  1. Keramas setiap hari
    Terlalu sering keramas tidak baik loh, karena dapat membuat kering rambut dan kulit kepala yang dapat menyebabkan masalah yang lebih parah. Jika rambut seringkali berminyak saat tidak keramas, fokuslah memberikan sampo pada kuli kepala, cuci hanya bagian akarnya saja. Hindari pula produk dengan formula sodium lauryl sulfate, karena dapat memperparah kekeringan rambut.
  2. Membiarkan rambut bercabang
    Rambut bercabang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan trimming atau Anda juga dapat pergi ke salon setiap dua atau tiga bulan sekali untuk perawatan.
  3. Menyisir saat basah
    Rambut berada dalam keadaan terlemah saat basah, jadi gunakan sisir yang sikatnya jarang atau cukup sisir dengan menggunakan jari-jari tangan.
  4. Sering memakai alat-alat bersuhu panas
    Suhu panas dapat merusak rambut. Terutama, ketika Anda rutin memakai alat-alat bersuhu panas untuk menata rambut. Jika tidak dapat menghindari pemakaiannya, pastikan Anda mengaplikasikan formula heat protector dan gunakan temperatur paling rendah saat memakai alat-alat bersuhu panas.
  5. Tidak memakai kondisioner
    Langkah mengaplikasikan kondisioner setelah keramas adalah salah satu cara termudah untuk menambah kelembaban rambut. Hindari pemakaian produk all-in-one, karena sampo berfungsi untuk membersihkan kotoran, sedangkan kondisioner berfungsi untuk menjaga rambut tetap lembab. Anda dapat mengaplikasikan deep conditioner seminggu sekali sesuai dengan kebutuhan rambut.
  6. Melupakan kulit kepala
    Kulit kepala yang sehat berarti rambut yang sehat. Konsentrasi pada area kulit kepala saat Anda keramas dan pijat kulit kepala Anda perlahan dengan minyak alami seminggu sekali untuk menstimulasi akar rambut.
  7. Menggosoknya dengan handuk
    Menggosok rambut dengan handuk untuk mengeringkan rambut yang basah sehabis keramas tanpa Anda sadari dapat merusak rambut. Hal itu terjadi karena adanya gesekan antara handuk dan rambut Anda.
  8. Kuncir kuda dengan cara yang salah
    Kuncir kuda memang gaya penataan rambut yang paling mudah namun tidak pernah out of date. Namun Anda harus memperhatikan kunciran atau ikat rambut yang digunakan. Hindari menguncir rambut dengan kunciran yang terlalu kencang dan menimbulkan rasa sakit. Itu karena helai rambut bisa tertarik terus-menerus dan memicu kerontokan. Hal terakhir, jangan tidur dalam keadaan rambut dikuncir.
  1. Mewarnai rambut dengan beberapa layer warna
    Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam cat rambut bisa dikatakan sangat keras dan berbahaya bagi rambut. Untuk itu, jika ingin mewarnai rambut dengan lebih dari dua layer warna, konsultasikan dulu pada ahlinya dan jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan.
  2. Model rambut itu-itu saja
    Mengganti model rambut dengan rutin tanpa disadari dapat menurunkan risiko kerusakan rambut. Anda dapat melakukan hal-hal yang sederhana namun bermanfaat bagi rambut Anda seperti mengganti arah poni atau memotong rambut bercabang.
Tags: tips
Share it: